Kamis, 02 Mei 2013

EVOLUSI TIPOLOGI PESISIR KAWASAN KARST DI PANTAI WATUKODOK KABUPATEN GUNUNGKIDUL



Henky Nugraha1, Ahmad Cahyadi2, Efrinda Ari Ayuningtyas3,
Muhammad Abdul Azis Ramdani4
1,2,3,4Karst Student Forum (KSF) Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada
1,2,3Magister Perencanaan Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai (MPPDAS) Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
1,2,4Jurusan Geografi Lingkungan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada
Email: nugrahahenky@gmail.com, ahmadcahyadi@geo.ugm.ac.id

INTISARI
Kajian tentang evolusi tipologi akan sangat membantu dalam melakukan perencanaan pengelolaan di masa mendatang. Hal ini karena kajian tentang genesis suatu wilayah pesisir akan sangat membantu dalam melakukan analisis dinamika pesisir dan kerawanan terhadap bencana. Penelitian ini dilakukan di Pantai Watukodok, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul yang merupakan objek wisata yang baru dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tipologi pesisir Pantai Watukodok,  dan (2) melakukan rekonstruksi tipologi pesisir Watukodok Kabupaten Gunungkidul. Hasil analisis menunjukkan bahwa tipologi pesisir di Pantai Watukodok terdiri dari marine deposition coast dan wave erosion coast. Evolusi tipologi wilayah Pantai Watukodok dimulai dengan tipologi structurally shaped coast, kemudian berubah menjadi wave erosion coast, dan yang terakhir menjadi marine deposition coast.

Kata Kunci : Evolusi, Karst, Tipologi Pesisir 



*Dalam: Sudarmadji; Haryono, E.; Adji, T.N.; Widyastuti, M.; Harini, R.; Nurjani, E.; Cahyadi, A.; Nugraha, H. 2013. Ekologi Kawasan Karst Indonesia: Sebuah Asa Menjaga Kawasan Karst. Yogyakarta: Deepublish.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar