Kamis, 02 Mei 2013

PERANAN MODAL SOSIAL (SOCIAL CAPITAL) DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR DOMESTIK DI KAWASAN KARST GUNUNGSEWU (Studi Kasus di Dusun Gemulung, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)



Ahmad Cahyadi1 dan Agustina Setyaningrum2

1,2Karst Student Forum (KSF) Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada
1,2Magister Perencanaan Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai (MPPDAS) Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
1Jurusan Geografi Lingkungan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada

INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk dan peranan modal sosial dalam pemenuhan kebutuhan air domestik yang terdapat di Dusun Gemulung, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian dilakukan dengan melakukan indepth interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk modal sosial yang terdapat di Dusun Gemulung terkait dengan pemenuhan kebutuhan air domestik terdiri dari social capital bonding yang terwujud  dalam bertuk tradisi gotongroyong dalam upaya penyediaan dan pengelolaan sumberdaya air; bridging social capital yang terwujud dalam bentuk lembaga yang bertugas untuk mengelola instalasi air di Dusun Gemulung; serta linking capital yang terwujud dalam bentuk kerjasama dalam pengelolaan mataair dengan dusun  yang lain serta kerjasama dengan lembaga donor. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa modal sosial di Dusun Gemulung telah berperan sangat besar dalam penyediaan kebutuhan air domestik bagi masyarakat.

Kata Kunci : Karst, Modal Sosial, Pemenuhan Kebutuhan Air


*Dalam: Sudarmadji; Haryono, E.; Adji, T.N.; Widyastuti, M.; Harini, R.; Nurjani, E.; Cahyadi, A.; Nugraha, H. 2013. Ekologi Kawasan Karst Indonesia: Sebuah Asa Menjaga Kawasan Karst. Yogyakarta: Deepublish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar